Jumat, 09 Januari 2015

Tentang KRL

Sebenernya gw udah lamaa banget pengen nulis tentang KRL. Sudut pandang yang gw pengen angkat adalah sudut pandang penumpang dan budayanya.

Dari dulu, masyarakat Indonesia secara general dipandang sebagai masyarakat yang sopan, santun, dan ramah tamah. Tapi, cobalah sesekali kalian coba naik KRL di jam2 sibuk seperti jam berangkat dan jam pulang kantor. Maka kalian akan menemukan, betapa "ramah"nya dan "tertib"nya masyarakat Indonesia.
Banyak sih, sub topik yang bisa gw bahas disini, dari positif hingga negatifnya budaya berkereta di Indonesia. Kali ini gw mau ngebahas tentang peraturan: DAHULUKAN PENUMPANG YANG TURUN TERLEBIH DAHULU.

Papan tanda diatas, jelas-jelas terpampang nyata dan dapat amat sangat terlihat di tiap-tiap pintu masuk KRL. Tapi entah kenapa, sedikit sekali orang yang bisa membaca. Padahal itu tulisan bahasa Indonesia loh. Bisa membaca alias mengindahkan, maksudnya. Alhasil, masih banyak perilaku serobot2 sebelum penumpang beneran turun semua.

Gw kadang ga ngerti, otak dan logikanya dimana. Gimana lo mau naik kalo penumpangnya belom turun?! Gimana lo mau turun, kalo penumpang yang mau naik ga kasih jalan?! Demi mendapatkan bangku, orang rela menggadaikan budayanya, menaikkan egonya, mematikan rasa peduli, membunuh rasa kemanusiaan. Luar biasa. Tidak percaya? Cobalah naik KRL di jam sibuk!

Gw nulis ini. Gatau ya, apa respon kalian. Gw bukan sok suci. Ya, gw emang suka berebutan kursi sama ibuk2 atau bapak2 lain saat naik kereta. Ya, gw juga takut ga kedapatan kursi. Ya, gw males dan capek berdiri. Tapi, gw masih bisa baca tulisan : DAHULUKAN PENUMPANG YANG TURUN TERLEBIH DAHULU. Jadi, gw pasti selalu menunggu penumpang untuk turun dulu, baru saya naik. Tidak dapat tempat duduk? Tidak juga. Alhamdulillah, gw bisa dapat tempat duduk, walau terkadang juga pernah sih tidak dapat. Yang jelas, gw tidak menabrak hak orang lain. Itu saja.

Maka, ketika gw menjadi penumpang yang akan turun dan gw tidak diberi jalan, maka maafkan kalo gw berlaku kasar (daripada gw yang dikasari). Dulu, saat gw masih pasrah, masih penumpang KRL yg lugu, gw pernah terpaksa turun di stasiun selanjutnya karena tidak bisa turun (penumpang sudah keburu menghambur masuk duluan).

Pernah juga, gw terdorong mundur kembali saat mau turun. Hampir saja, sebelah kaki gw terjeblos masuk ke celah peron.

Mungkin nasib gw lebih baik, karena gw pernah melihat ibu2 yang terjatoh barangnya saat mau turun, pernah juga menyaksikan seorang nenek yang terjatuh saat mau turun, kakinya tersangkut celah peron. Tragis? Yah, itulah kesadisan KRL. Tidak percaya? Coba saja naik KRL di jam sibuk!

Kembali ke sikap gw, saat gw di posisi penumpang yang mau turun. Sekarang2 ini, budaya 'beringas' mulai gw terapkan ke diri sendiri. Naik KRL itu mungkin ibarat seleksi alam, yang lemah maka ia yg tersingkir. Kejam? Memang! Itulah yang gw rasakan. 

Jadi, ketika gw mau turun, dan berbaris2 orang di depan gw sudah mengantri ingin naik, gw juga otomatis bersiap2, bersiap2 untuk menahan serangan. Cailahh, inih kok udah kayak pertempuran apaaa gitu yak.
bayangkan jika kamu adalah salah satu penumpang yang akan turun, harus punya kekuatan untuk menembus orang sepertinya -_____-
Pernah waktu itu, gw mau turun di stasiun kebayoran lama. Saat pintu terbuka, banyak mbak2 yang sudah berbaris mau naik. Gw udah bilang, "misi mbak, permisi." Lah, tuh barisan mbak2, bukannya minggir atau kasih jalan, malahan diem aja liatin gw doang, mungkin para mbak2 berpikir, "cepetan turun napa, gw mau naik nih." Oh pleasee, gimana gw mau turun, wong space gw untuk berpijak turun aja ga ada. Yaudah, gw dorong aja tuh para mbak2 dan 2 org mbak2 terdorong dan protes, "mba, hati2 dong kalo turun." Tak kalah kenceng, gw bilang, "yeee, makanya kasih jalan.". Luar biasa, kan!

Pernah juga gw mau turun di manggarai. Gw naik yg jurusan ke bekasi. If you know what I mean, peron 4 di manggarai yg tujuan ke bekasi itu selalu padat dat dat dat. Penumpangnya pun paling beringas, menurut gw. Nah, pada saat gw mau turun, kbtulan hanya gw seorang yg turun disitu. Gw udah ngeri aja sih sebenernya. Takut, karena gw sendiri, pasti banyak penumpang yang berebutan naik dulu. Hiiiiii. Nah, benar saja. Ketika pintu KRL terbuka. Ga ada yang ngasi gw jalan buat keluar (dikiranya gw bisa terbang kali yak). Di depan gw persis, ada ibu2 menggandeng anak kecil yang digandeng ibu2 lagi di kanannya (si anak kecil diapit dua ibu2). Gw bilang, "misi permisi kasi jalan", kagak ada yang ngerespon. Tuh ibuk2 masih aja ga bergeming. Yah, terpaksa akhirnya gw tabrak aja gandengannya. Karena saat itu juga, banyak penumpang yang meringsuk naik ke KRL. Eh gw marah dimarahin mba2, "mbak, itu anak kecil. Yang bener dong, mba". Lah, gw omelin balik mbak2nya, " kan tadi saya udah bilang, kasi jalan! Makanya dahulukan penumpang yang turun.!".

Nah!
Begitulah pemirsa, sekilas cerita di KRL. Bakal nyusul cerita2 lainnya. Soon...
Yah, maafkan yah klo gw menyakiti orang lain di KRL. Gw juga udah maafin org2 yang nyakitin gw di KRL kok. Gw cuma mau kasih penyadaran aja bahwa ada peraturan: DAHULUKAN PENUMPANG YANG TURUN TERLEBIH DAHULU.

sumber gambar:
http://metro.kompasiana.com/2014/06/13/penumpang-krl-pingsan-petugas-cuek-661781.html
http://ridwanologi.com/2014/04/06/dahulukan-penumpang-turun-please/
 

5 komentar:

  1. tulisan yang bagus kak, semoga semakin banyak penumpang yang mendahulukan penumpang yang akan turun

    BalasHapus
  2. Terimakasih Kikils,
    Semoga ya, kita sama-sama berharap untuk kenyamanan bersama. Kita juga sama2 terapkan di kehidupan masing2 :D

    BalasHapus
  3. Boleh share di akun Fb saya ya ceritanya. coz berkali-kali ngalamin hal yang sama

    BalasHapus
  4. https://www.facebook.com/BikinKotaKitaNyaman?ref=aymt_homepage_panel
    itu akun fb saya. dah saya tulis sumbernya. thanks ya dah share

    BalasHapus