Rabu, 09 November 2016

Bangku prioritas

Oke, kali ini gw kembali untuk membahas mengenai KRL. Topik yang gw angkat kali ini adalah mengenai bangku/kursi prioritas.
Kursi prioritas di setiap pojok gerbong KRL (sumber: asepsaiba.wordpress.com)
Kalo lo naik KRL, pasti pernah liat label dibawah ini di dekat kursi paling pojok disetiap gerbong KRL. Itu namanya kursi prioritas. Umumnya bisa diisi oleh 3-4 orang. Di setiap pojokan gerbong, masing2 ada 1, jadi ada 4 set kursi prioritas.

Label untuk kursi prioritas (sumber: naningisme.wordpress.com)
Siapa aja sih yang diprioritaskan?
Mulai dari ibu hamil, ibu yang membawa anak, lansia dan penyandang disabilitas.
Sayangnya,, tidak semua tahu dengan pasti definisi dari kursi prioritas tersebut (gw pun juga masih rancu). 

Untuk kategori ibu hamil, nah ini jelas lah ya. Kalo ibu hamil ya pasti gak rancu definisi-nya. Mau hamil 0 bulan sampe 9 bulan, berhak duduk di kursi prioritas.
Embedded image permalink
(sumber: @NegeriID)

Kategori kedua, ibu yang membawa anak. Nah, ini kategori rancu. Pertanyaannya, seberapa besar ya anak yang dibawa sehingga berhak duduk di kursi tersebut? Hanya bayi-kah? Atau balita-kah? Atau orangtua dengan anak kecil berseragam SD juga berhak? Kalo SMP mah kayanya udah pasti gak berhak lah ya. Kalo kita lihat di gambar, si anak itu digendong oleh orangtuanya. Berarti, apakah hanya anak yang masih digendong orangtuanya, yang berhak dapat kursi prioritas? Kalo anaknya udah gede dan digendong gimana? Nah, kan.
Embedded image permalink
(sumber: @NegeriID)


Kategori ketiga, lansia. Kategori ini juga rancu. Sebenarnya, lansia yang dimaksud itu yang seperti apa sih? 
Berikut ini beberapa pengertian lansia menurut para ahli (sumber: http://www.pengertianahli.com):
  • Pengertian Lansia Menurut Smith (1999): Lansia terbagi menjadi tiga, yaitu: young old (65-74 tahun); middle old (75-84 tahun); dan old old (lebih dari 85 tahun).
  • Pengertian Lansia Menurut Setyonegoro: Lansia adalah orang yang berusia lebih dari 65 tahun. Selanjutnya terbagi ke dalam 70-75 tahun (young old); 75-80 tahun (old); dan lebih dari 80 tahun (very old).
  • Pengertian Lansia Menurut UU No. 13 Tahun 1998: Lansia adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas.
    Pengertian Lansia Menurut WHO: Lansia adalah pria dan wanita yang telah mencapai usia 60-74 tahun.
  • Pengertian Lansia Menurut Sumiati AM: Seseorang dikatakan masuk usia lansia jika usianya telah mencapai 65 tahun ke atas.

Gw pernah, saat naik KRL, mendengarkan curhatan seorang bapak. Dia bilang, usianya sudah 60 tahun (dan tentu saja masuk kategori lansia), tapi ia pernah malah disuruh berdiri sama penumpang lain saat ia duduk di kursi prioritas. Alasannya, karena saat itu ada ibu hamil. Memang, gw lihat, bapak itu tidak setua usianya, masih nampak bugar walau rambutnya sedikit beruban. Sejak saat itu si bapak lebih memilih duduk di kursi umum saja. Daripada diusir lagi, katanya. See,, kategori ini rancu juga kan?
Embedded image permalink
(sumber: @NegeriID)
Kategori keempat, penyandang disabilitas. Nah yang ini sih, menurut gw cukup jelas ya.
Embedded image permalink
(sumber: @NegeriID)
Jadi, menurut gw penumpang yang merasa berhak dapat kursi prioritas dan penumpang umum lainnya harus sama2 bekerjasama lah.

Untuk yang tidak berhak duduk di kursi prioritas, ya jangan duduk di kursi prioritas, sekalipun kursi itu kosong. Ya, bisa saja sementara kursi itu kosong, kalau nanti di stasiun selanjutnya ada penumpang yang memang berhak, apakah lo yang udah terlanjur duduk disitu mau berdiri? Kalo mau sih bagus!
Dan untuk yang merasa memang punya hak duduk di kursi prioritas, gunakanlah hak anda semaksimal mungkin. Jangan malah mengharapkan penumpang umum lain memberikan kursi untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar